jalan-jalan

Mengenal Candi Prambanan Melalui Angka

Januari 25, 2019

Prambanan dilihat dari tepi kali Opak
Prambanan dilihat dari tepi kali Opak


Mengenal Candi Prambanan Melalui Angka 


Jika anda berkunjung ke Yogakarta atau ke Jawa Tengah, sayang sekali jika tidak mengunjungi candi indah yang terletak di perbatasan kedua provinsi tersebut. Tak salah lagi, candi yang saya maksud adalah candi Prambanan. Seperti namanya, candi ini berada di desa Prambanan kecamatan Prambanan. Uniknya, daerah Prambanan ini dibagi menjadi 2 buah kecamatan yang masing-masing terletak di provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta.


Candi yang juga merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia ini termasuk dalam deretan candi termegah di Asia Tenggara. Di sekeliling candi-candi yang kini tegak berdiri juga terdapat candi candi yang lebih kecil mengelilingi candi utama. Karena bencana alam, candi candi yang berukuran kecil tersebut rusak. Hanya candi candi yang utama saja yang dipugar dan direnovasi kembali. 

Saya sudah beberapa kali mengunjungi candi Prambanan ini, namun saya belum pernah berkunjung bersama anak-anak saya. Dulu waktu ke sana, yang ada di perasaan saya hanya senang mengunjungi tempat wisata bersejarah yang terkenal. Setelah itu foto-foto sebagai kenang-kenangan dan sebagai tanda bahwa saya sudah berkunjung. Namun jika saya kesana bersama anak-anak nanti, kunjungan saya selanjutnya harus setingkat lebih baik daripada yang sebelumnya. Bagaimana caranya? 

Pertama, saya akan menceritakan secara singkat pada anak anak mengenai candi Prambanan disertai dengan sejarahnya, sehingga anak-anak memiliki gambaran bagaimana awal mula candi ini didirikan. Setelah itu saya akan mengajak mereka masuk kompleks candi melalui pintu sebelah timur. Hal ini sesuai dengan ritual pradakshina, yaitu ritual mengelilingi candi searah jarum jam. Mengapa demikian, karena di sepanjang pagar bagian dalam yang mengelilingi candi ini terdapat relief yang menceritakan Ramayana dan Khrisnayana yang dibaca dari kanan ke kiri searah dengan jarum jam. Saya harap dengan cara demikian, kunjungan ke candi Prambanan nantinya akan meninggalkan kesan yang mendalam. Tidak sekedar datang untuk berfoto-foto saja. 

bersama Mak Milda, Mamak Blogger dari Bengkulu
bersama Mak Milda, Mamak Blogger dari Bengkulu


Untuk memudahkan saya bercerita tentang Prambanan, berikut ini sedikit rangkuman mengenai candi Prambanan dalam angka. 

1, candi Prambanan adalah candi Hindu paling megah di Indonesia, jadi bisa dikatakan sebagai candi Hindu nomor satu. 

5 meter, Salah satu candi yang ada di kompleks Candi Prambanan, yaitu candi Siwa, memiliki tinggi 47m atau 5 meter lebih tinggi daripada candi Borobudur. 

25 tahun, candi Prambanan dibangun 25 tahun setelah candi Borobudur selesai didirikan. Itulah sebabnya para ahli sejarah memperkirakan pembangunan candi prambanan ini untuk menyaingi kemegahan candi Borobudur. 

10. Candi Prambanan mulai ditinggalkan sejak abad ke 10. Diperkirakan, telah terjadi letusan gunung Merapi dan perang perebutan kekuasaan sehingga ibukota kerajaan pindah ke Jawa Timur dan candi Prambanan mulai ditelantarkan. 

240, di dalam kompleks candi Prambanan ini terdapat 240 candi. Yang terdiri dari : 

1. 3 Candi Trimurti: yang merupakan candi utama, yaitu : candi Siwa, Wisnu, dan Brahma 

2. 3 Candi Wahana: merupakan bangunan candi yang dipersembahkan untuk tunggangan para dewa, yaitu : candi Nandi, Garuda, dan Angsa 

3. 2 Candi Apit: seperti namanya, candi ini terletak antara barisan candi-candi Trimurti dan candi-candi Wahana di sisi utara dan selatan 

4. 4 Candi Kelir: terletak di empat penjuru mata angin, berada tepat di belakang pintu masuk yaitu di halaman dalam area candi 

5. 4 Candi Patok: terletak di 4 sudut area inti candi 

6. 224 Candi Perwara: tersusun dalam 4 barisan konsentris dengan jumlah candi dari barisan terdalam hingga terluar: 44, 52, 60, dan 68 


1733 adalah tahun dimana Candi Prambanan ini pertama kali ditemukan oleh C.A Lons dalam kondisi runtuh. 

1902 Pertama kalinya candi Prambanan ini dipugar. Yang mengalami pemugaran pertama adalah candi Siwa atau candi yang tertinggi. 

1953, Candi Siwa kembali utuh dan diresmikan oleh Bung Karno. 

1960-an adalah tahun dimulainya pertunjukan sendratari Ramayana di area Prambanan pada saat bulan Purnama. Adanya pertunjukan ini semakin menarik banyak wisatawan baik dalam maupun luar negri. Jika musim kemarau, pertunjukan ini digelar di panggung terbuka yang berada di seberang sungai Opak. Jika musim hujan, panggung digelar di dalam gedung Trimurti yang berada di area yang sama. 

pintu Masuk Ramayana Ballet Prambanan atau Sendratari Ramayana
di depan pintu Masuk Ramayana Ballet Prambanan atau Sendratari Ramayana

Panggung Kinara-Kinari adalah panggung Medium yang terletak diantara Panggung Terbuka Ramayana  dengan panggung tertutup Trimurti
Panggung Kinara-Kinari adalah panggung Medium yang terletak diantara Panggung Terbuka Ramayana
dengan panggung tertutup Trimurti

1991 adalah tahun dimana Candi Prambanan masuk ke dalam deretan Situs Warisan Dunia Dengan demikian, candi Prambanan ini di dalam perlindungan UNESCO. 

Rasanya dengan mengumpulkan angka-angka ini jadi lebih mudah mengingat untuk menceritakan sejarah candi Prambanan ke anak-anak. Nah, bagaimana dengan anda. Apakah merasakan hal yang sama? 

Setelah membaca sekilas mengenai sejarah prambanan melalui deretan angka-angka ini, rasanya jadi semakin tak sabar untuk berkunjung ke Candi yang terkenal cantik tersebut. Oh ya, beberapa saran mengatakan bahwa saat yang paling tepat untuk mengunjungi candi ini adalah di pagi hari, saat matahari masih ramah. Anda bisa saja berkunjung pada siang hari, namun jangan lupakan peralatan untuk membuat diri anda nyaman seperti topi lebar dan kacamata. 


Tak ada salahnya merencanakan perjalanan anda jauh-jauh hari melalui Traveloka, agar anda dapat saat yang tepat untuk berkunjung ke Candi Prambanan dan dapat dengan puas menikmati keindahannya. Jadi, kapan kita pergi ke sana? Mungkin kita bisa pergi ramai-ramai biar lebih seru.

You Might Also Like

0 komentar