Lomba Blog

Asian Games 2018, Indonesia Yakin Bisa

Juli 20, 2018

Asian Games 2018, Indonesia Yakin Bisa

Asian Games 2018, Indonesia Yakin Bisa
sbr : kompas

Ajang olah raga terbesar di Asia kini hadir lagi. Ya, Asian Games akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September mendatang. pada kesempatan ini Indonesia akan kedatangan tamu dari 45 Negara se-Asia. Masing-masing negara akan mengirimkan sejumlah atlit dan officialnya yang jumlahnya bisa mencapai 15.000 orang.

Selama kurang lebih dua minggu itu akan digelar 462 pertandingan dari 40 cabang olah raga yang telah direncanakan. Jakarta dan Palembang sebagai kota penyelenggara pertandingan olah raga telah mempersiapkan berbagai infrastruktur untuk mendukung kesuksesan ajang ini. Diantaranya adalah pembangunan wisma atlet, pembenahan kawasan  Gelora Bung Karno dengan melakukan renovasi dan pembangunan 14 venue dan lain-lainnya.

Bukan hanya infrastruktur yang terkait langsung dengan olah raga yang dibangun dan dibenahi. Namun juga infrastruktur yang mendukung kesuksesan Asian Games juga dikebut agar selesai tepat pada waktunya. Salah satunya adalah LRT ( Light Rail Transit ) Palembang yang telah selesai masa pembangunannya dan rencananya akan diuji cobakan secara gratis pada masyarakat di akhir Juli ini.

Pembangunan dan renovasi infrastruktur pendukung ini sesuai dengan pernyataan bapak Joko Widodo, bahwa pembangunan yang dilakukan sebelum Asian Games ini tidak semata untuk Asian Games saja, namun juga untuk kemajuan bangsa dan negara di masa depan.

Sebagai contoh saat menjadi tuan rumah Asian Games yang pertama dahulu, Indonesia membangun Gelora Bung Karno, membuka jalan baru yang sekarang dikenal sebagai Jalan Thamrin, Gatot Subroto dan Jembatan Semanggi. Semua infrastruktur tersebut memang tujuannya untuk mensukseskan Asian Games 1962 namun masih digunakan hingga sekarang.

Di lain sisi, Indonesia juga memiliki Atlit atlit yang berprestasi di tingkat dunia. Seperti yang terbaru yaitu Lalu Muhammad Zohri yang memecahkan rekor dunia pelari tercepat 100 m untuk usia U 20. Ada lagi Fauzan Noor, atlet Karate asal Banjarmasin Kalimantan selatan yang menjadi juara dunia pada WASO World championship di Cekoslovakia pada Januari 2018. Setelah sebelumnya Aries Susanti Rahayu asal Grobogan Jawa Tengah yang berhasil menjadi juara dan membawa pulang medali Emas di kejuaraan Dunia Panjat Tebing- IFSC World Cup 2018 di China. Dan masih banyak lagi atlit atlit yang telah menyandang nama besar dan sudah kita kenal sebelumnya.

Sungguh luar biasa memang potensi yang dimiliki Indonesia, di tengah himpitan waktupun dapat membangun dan merenovasi infrastruktur yang dibutuhkan untuk gelaran Asian Games bahkan memenuhi standard Internasional. Dan banyak atlit-atlit Indonesia yang telah berjaya di kancah Internasional. Dengan potensi yang ada, bukan tidak mungkin Indonesia dapat mengambil posisi di podium kemenangan pada gelaran Asian Games kali ini. Semoga saja.

Menurut Bapak Presiden Joko Widodo, Asian Games ini tidak hanya diambil manfaatnya dari sisi olah raga saja. Namun juga dapat membawa manfaat dalam bidang pembangunan, ekonomi, dan pariwisata secara lebih luas.

Untuk itulah mengapa sebelum Asian Games ini dibuka, diadakan Torch Relay, atau pawai obor yang melewati 18 provinsi, dan 53 kota. Selain bertujuan untuk mensosialisasikan Asian Games ini kepada masyarakat, Torch Relay ini juga bertujuan untuk menunjukkan pada dunia kota-kota di Indonesia yang bersejarah dan memiliki potensi wisata ke dunia Internasional. Dengan demikian diharapkan angka kunjungan wisata juga semakin meningkat.

Kepada para atlit dan official, saya ucapkan selamat bertanding dan semoga selalu mendapat kemenangan. Saya juga mengucapkan selamat datang kepada utusan negara-negara se -Asia yang akan bertanding di Indonesia, mari kita junjung sportivitas demi kelancaran dan kesuksesan gelaran Asian Games 2018.






You Might Also Like

0 komentar