jalan-jalan

Taman Puspa Kepanjen, Wisata Murah Meriah Di Kepanjen

November 06, 2017

Taman Puspa Kepanjen, Tempat Wisata Murah Meriah Di Kepanjen

Taman Puspa terletak di tepi Jalur Lintas Barat (Jalibar) Kepanjen. Jalibar adalah jalur alternatif yang dibangun untuk memecah konsentrasi kendaraan yang lewat di pusat kota Kepanjen dengan membuat jalan raya tembusan dari desa Ngadilangkung hingga ke desa Talangagung. Taman Puspa, berada di desa Ngadilangkung, tepat di seberang perumahan PNS Kabupaten Malang.



Taman Puspa ini disebut sebagai tempat wisata yang murah meriah karena tidak ada biaya untuk tiket masuk alias gratis. Selain sebagai tempat bermain juga merupakan tempat persinggahan para pengendara yang melewati Jalur Lintas Barat. Disekitar Taman Puspa juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Namun anda tidak akan menemukan penjual  di dalam taman.





Taman puspa terletak di sempadan sungai metro yang berupa lereng . Untuk bermain di dalam taman terlebih dahulu kita menuruni tangga yang lumayan curam. Banyaknya pepohonan membuat taman ini sejuk. Selain tempat duduk yang berwarna warni, taman Puspa juga menyediakan ayunan untuk permainan anak anak dan juga gazebo. Kursi-kursi itu ada yang terbuat dari drum dan beton. Semuanya di cat warna-warni. Beberapa tempat duduk ada yang berada di dekat ayunan. Sehingga orang tua bisa mengawasi anak-anak bermain smbil beristirahat.



Di beberapa titik anda akan menemukan plakat yang berisi ajakan untuk menjaga kebersihan. Tidak cuma anjuran saja, karena pengelola juga menyediakan tempat sampah yang banyak jumlahnya. Jadi, malu banget kalau sampai buang sampah sembarangan.



Pada waktu saya kesana pun, tidak ada sampah yang berserakan, kecuali daun-daun kering yang gugur karena termakan usia. Tidak sia-sia pengelola membuat plakat dan menyediakan tempat sampahnya. Pelepah pohon palm yang sudah keringpun tak ada yang masih melekat di pohonnya. menandakan Taman ini dikelola dengan baik.



Tidak hanya rumput hijau yang menutupi permukaan tanah di Taman Puspa ini namun juga tanaman bunga yang ditata dengan rapi, sehingga menambah keindahan. Membuat pengunjung semakin betah.
Taman Puspa Kepanjen, Tempat Wisata Murah Meriah Di Kepanjen





Di tepian sungai, ada sebuah jembatan yang menjorok ke sungai. Jembatan ini biasanya digunakan untuk spot berfoto. Beberapa waktu lalu, jembatan ini masih berupa jembatan kayu. tapi sekarang sudah dibangun menjadi jembatan beton.



Kalau dari segi estetika sih, lebih bagus jembatan kayu. tapi ya gitu harus sering-sering mengecek kekuatannya, karena benar-benar berada di tepi sungai. Sedangkan jembatan beton sudah pasti lebih kuat dan tahan lama. Ah mengapa tidak dibangun jembatan beton dengan aksen kayu saja ya? Kuat dan awetnya dapat, sedangkan artistiknya juga dapat.





Para lanjut usia, tidak disarankan untuk mengunjungi taman ini. karena tangganya yang curam. Sedangkan anak-anak sudah pasti akan senang bermain-main disini karena suasananya yang sejuk dan permainan yang disediakan. Namun, mengingat posisinya yang di tepi sungai dan berupa lereng, saya sarankan anda tidak melepaskan pengawasan terhadap anak-anak ketika berada di taman ini.



Yuk bermain di Taman Puspa. Dengan mengajak anak-anak bermain di Taman Puspa mereka akan bermain di alam yang sejuk dan merasakan betapa nyamannya bermain di fasilitas umum yang terjaga kebersihannya.



You Might Also Like

0 komentar