Review

Inspirasi 60 Tahun Astra dan Masa Depan Cerah Industri Kreatif di Surabaya

Juni 21, 2017

Inspirasi 60 Tahun Astra dan Masa Depan Cerah Industri Kreatif di Surabaya
pemandangan kota Surabaya
 sbr : wikipedia

Inspirasi 60 Tahun Astra dan Masa Depan Cerah Industri Kreatif di Surabaya
Surabaya, siapa yang tidak pernah mendengar nama kota yang juga dijuluki kota Pahlawan ini. Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. 

Semenjak dibawah kepemimpinan walikota Tri Rismaharini, atau biasa di panggil bu Risma, Surabaya semakin berbenah. 

Perubahan kota Surabaya ini meliputi berbagai bidang. baik sektor pemerintahan, lingkungan, sumber daya manusia hingga atmosfir yang positif untuk industri kreatif. 

Saya masih ingat saat dulu masih kecil. sebagai anak desa , ketika mendengar kata Surabaya, bayangan yang ada di benak saya  adalah kota yang indah dan bersih. Namun ternyata bayangan saya tersebut tidak sepenuhnya benar. memang benar banyak gedung yang tinggi namun di lain sisi lain terdapat sungai yang kotor dan kampung yang terkesan kumuh.

Dan kini, pemandangan yang pernah saya lihat bertahun-tahun yang lalu itu telah sirna berganti dengan kali/sungai yang bersih, taman-taman cantik dan perkampungan yang bersih dan hijau pula. Itu semua tak lepas dari tangan dingin Ibu Tri Rismaharini.

Ibu Risma adalah wanita pertama yang terpilih menjadi walikota di Surabaya. Semenjak tahun 2010, berbagai perubahan dilakukan sehingga Surabaya kini menjadi lebih hijau dan segar. Beberapa taman kota yang dibangun antara lain Taman Bungkul, Taman Bundaran di Dolog, taman di Bawean dan jalur pedestrian yang bernuansa modern yang berada di sepanjang jalan Basuki Rahmat, Tunjungan Blauran dan Panglima Sudirman. Beberapa taman tersebut dulunya adalah lahan mati yang dirubah menjadi taman yang kini diramaikan oleh para warga. (wikipedia) 

Inspirasi 60 Tahun Astra dan Masa Depan Cerah Industri Kreatif di Surabaya
taman bungkul
sbr:eastjava.com

Surabaya selain memiliki taman kota yang indah juga memiliki perkampungan yang bersih dan hijau. Event tahunan Surabaya Green and Clean yang sudah berjalan sejak tahun 2005 sampai kini masih terus berlangsung. Program ini mampu merubah kampung-kampung yang dulunya kumuh dan gersang menjadi kampung yang bersih dan hijau. Dari tahun ke tahun pesertanya semakin bertambah. Pada tahun 2016 tak kurang dari 500 kampung yang menjadi peserta event Surabaya Green And Clean (SGC). 


Tidak hanya mengikuti lomba, pada event SGC tersebut para warga juga mendapatkan workshop, yang ilmunya dapat langsung diterapkan pada lingkungan sekitar mereka.

Peran UKM dan StartUp

Peningkatan kualitas lingkungan tempat warga masyarakat menjalani kehidupannya juga diikuti oleh peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Banyak upaya yang dilakukan oleh Tri Risma Harini dan jajarannya agar warga Surabaya menjadi lebih baik kehidupannya. Mulai dari pelatihan Karang Taruna yang melahirkan UKM yang menyerap banyak tenaga kerja. Hingga program Pahlawan Ekonomi, Pejuang Muda dan Start Surabaya


Pahlawan ekonomi adalah program yang mendorong kualitas UKM yang menyasar para ibu rumah tangga sedangkan Pejuang muda adalah program yang mendorong UKM yang dijalankan oleh para anak muda Surabaya. 

Jika Pahlawan ekonomi lahir lebih dulu, Pejuang Muda adalah terobosan yang dilakukan oleh Bu Risma yang baru dilaunching pada bulan Mei 2016. Menurut Risma, jika ibu rumah tangga saja mampu menjadi pahlawan ekonomi bagi keluarga dan lingkungannya, apalagi para anak muda. Mereka harus lebih mampu menghadapi tantangan dan lebih sukses.

Pembinaan UKM yang dilakukan oleh pemerintah Surabaya  secara menyeluruh, dimulai  dari sektor modal, perizinan, pengajuan ke badan POM hingga pendampingan untuk mempertahankan kualitas hingga penjualan baik secara langsung maupun online. 

Di Surabaya sendiri jumlah UKM meningkat dengan pesat yang semula hanya berjumlah 92 UKM meningkat menjadi kurang lebih 3000 UKM dan tercatat sebagai kota tercepat kedua dalam hal perkembangan UKM nya.

Untuk mendukung penjualan produk hasil UKM, pemerintah surabaya melakukan berbagai upaya diantaranya dengan menyediakan sentra UKM seperti yang ada di MERR yang mewadahi produk UKM unggulan Surabaya. 

Selain menyediakan sentra UKM juga digelar berbagai festival agar produk UKM semakin dikenal oleh warga masyarakat secara luas. Salah satu festival yang baru saja berlangsung adalah festival Ono Kabeh Suroboyo. Festival yang digelar pada tanggal 4-18 Juni ini menampilkan berbagai macam produk mulai dari makanan hingga Aksesoris yang kesemuanya merupakan produk UKM.

Festival lain yang juga baru saja digelar adalah Dolly Saiki fest 2017. Festival ini digelar pada tanggal 14-18 Juni dan diikuti oleh UKM , Dinas Ketahanan pangan dan pertanian, Dinas Koperasi dan UMKM dan lain-lain. 

Inspirasi 60 Tahun Astra dan Masa Depan Cerah Industri Kreatif di Surabaya


Tidak hanya UKM yang mendapat tempat untuk berkembang di Surabaya.  Startup juga sangat diperhatikan perkembangannya di Surabaya. 


Jika UKM adalah jenis usaha berskala kecil yang menyerap tenaga kerja dengan menghasilkan produk maka Startup adalah bentuk usaha yang menghasilkan jasa yang berbasis teknologi.

Pada tahun 2015, di Surabaya dan yang pertama di Indonesia, telah diluncurkan program  Start Surabaya. Start Surabaya adalah sebuah program inkubasi dan akselerasi perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi yang memiliki misi agar anak muda Surabaya mampu menjalankan bisnis yang berbasis teknologi yang memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi masyarakat. 

Program yang mengusung kerjasama dengan stake holder dari berbagai bidang ini bertujuan untuk membuat Surabaya semakin maju dan mampu menghadapi tantangan global di masa depan dengan memberdayakan anak muda agar semakin kreatif dan inovatif. Diharapkan melalui Start Surabaya ini, Surabaya dapat menjadi pusat Industri kreatif di Indonesia.

Segala upaya pemerintah Surabaya untuk mewujudkan masyarakat dengan lingkungan yang hijau dan bersih serta cerdas dan produktif  dalam menghadapi tantangan zaman ini sesuai dengan 4 pilar Corporate Social Responsbility (CSR) yang dijalankan oleh Astra yaitu bidang pendidikan lingkungan , Usaha Kecil Menengah dan Kesehatan.


Inspirasi 60 Tahun ASTRA 

Astra memiliki Kampung Berseri Astra (KBA) yang berlokasi di Kampung Keputih, Tegal Timur Surabaya. Kampung berseri yang ada di Surabaya ini adalah salah satu dari 49 Kampung berseri yang tersebar di 17 Provinsi.

Kampung Keputih dipilih setelah social mapping yang dilakukan oleh tim Astra. Kampung yang dulunya merupakan tempat pembuangan akhir sampah itu kini telah berubah menjadi kampung yang bersih dan hijau.

Pada Juni 2013, Astra menawarkan berbagai program kepada warga yang disambut antusias oleh warga. Program yang ditawarkan antara lain : 
  • Rumah hijau atau rumah kompos yang hasilnya bisa menambah pendapatan warga.
  • Rumah Pintar : tempat para ibu-ibu untuk mengasah ketrampilannya sehingga menghasilkan kerajinan tangan seperti tas dan lain-lain.
  • water treatment plant yaitu alat untuk merubah air sungai menjadi air bersih yang dapat dimanfaatkan warga.
  • sarana bermain anak
  • sentra audio visual.

Inspirasi 60 Tahun Astra dan Masa Depan Cerah Industri Kreatif di Surabaya
alat pengolah sampah menjadi kompos
sbr:antaranews

Berkat kerjasama seluruh pihak, pada tahun 2014 Kampung Keputih memperoleh penghargaan untuk kategori Partisipasi masyarakat terbaik Green and Clean kategori berimbang. Dan pada tahun 2015 mendapatkan penghargaan untuk Pengelolaan Lingkungan Terbaik Green and Clean Kategori Maju se Surabaya. 

Perubahan kampung Keputih dibawah binaan ASTRA ini menunjukkan bahwa semangat ASTRA Terpadu Untuk (SATU) Indonesia ini menunjukkan langkah nyata peran aktif Grup Astra dalam meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui Karsa, cipta dan karya.

Tentu saja ini sesuai dengan filosofi Catur Dharma Astra yaitu " Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara"

Berbagai instrumen pendukung industri kreatif telah disiapkan oleh pemerintah dengan baik, yang mendukung terwujudnya Surabaya sebagai kota yang menginspirasi untuk industri kreatif.


Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition Inspirasi 60 Tahun Astra


Inspirasi 60 Tahun Astra dan Masa Depan Cerah Industri Kreatif di Surabaya


sumber : 
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3149875/risma-dulu-ada-92-ukm-di-surabaya-sekarang-3000-lebih
http://www.surabaya.go.id/pemerintahan/7228-sentra-ukm-merr,-wadahi-produk-unggulan-ukm-surabaya
http://www.pahlawanekonomi.com/training/jadwal-pelatihan-pahlawan-ekonomi-dan-pejuang-muda-surabaya-2017/
http://satu-indonesia.com/home/artikel/detail/41
https://www.duniaku.net/2015/01/06/peresmian-start-surabaya-forward-factory/
https://id.wikipedia.org/wiki/Tri_Rismaharini#Penataan_Kota
http://www.surabaya.go.id/berita/10846-lewat-pejuang-muda-surabaya--kembangkan-potensi-remaja-kota-pahlawan
http://www.antaranews.com/berita/587431/kampung-berseri-astra-ubah-tempat-sampah-jadi-jawara-lingkungan
http://www.surabaya.go.id/agenda/37210-bazar-dolly-saiki-fest-2017






You Might Also Like

9 komentar

  1. Semua program nya bagus, tapi aku paling suka yang Rumah Pintar. Perlu banget memberdayakan kemampuan ibu-ibu. Lumayan buat me time sejenak. Lumayan lagi kalau misal produk kerajinan nya laku dijual.

    BalasHapus
  2. Industri kreatif di surabaya memang sedang menggeliat...itu jg karena dukungan pemerintah yg luar biasa...

    thejourneyfrida.com

    BalasHapus
  3. UKM semakin maju dan berkembang
    karena bu risma memberikan tempat di nomor satu

    BalasHapus
  4. Walikotanya kece,dan banyak sekali gebrakan yang telah dilakukan. Aku sukaaa :)

    Btw kami sekeluarga juga pengguna produk setia astra. Bandel dan ekonomis :)

    Omnduut.com

    BalasHapus
  5. Jika ada dukungan gini UKM bisa makin maju ya mbak. Sehingga gak ada pengangguran paling tdk berkurang laah

    BalasHapus
  6. Surabaya emang makin oke sejak dipegang Bu Risma, semua pasti sepakat. Semoga UKM nya bisa mengangkat derajat banyak orang, aamiin.

    BalasHapus
  7. Banyak banget ya Mbak prestasi yang telah dicapai bu Risma. Semoga walikota2 berikutnya juga bisa meneruskan program2 beliau.

    BalasHapus
  8. aku udah lama banget gak ke sby. penasaran sama perkembangan kotanya sekarang.

    BalasHapus
  9. memberdayakan masyarakat sekitar agar mandiri dan mereka bs berkembang lagi... Salut sm kegigihan mereka.Gebrakan ibu Risma yg dpt dukungan dr Astra ini okeh banget!

    BalasHapus