kuliner

Nasi Pecel Pak Dipo Kepanjen yang Terkenal

Januari 28, 2017



Terletak di Jalan Panji Kepanjen, pecel Pak Dipo ini adalah salah satu warung pecel yang terkenal di Kepanjen. Dengan menyulap ruang tamu menjadi tempat makan, kecuali di teras maka ketika kita makan disini serasa makan dirumah sendiri. Area ruang tamunya cukup luas sehingga dapat menampung cukup banyak pengunjung. penataannya pun tak nampak seperti warung, tapi seperti ruang tamu biasa yang terdiri dari beberapa set kursi tamu.

Meskipun bersebelahan dengan warung Pecel lain, yaitu warung pecel mak Tokinah. namun pecel Pak Dipo ini tidak kalah ramai. kalau ingin sarapan disini sebaiknya kita datang sebelum jam 9 pagi. Karena kadang jam 9 sudah kehabisan.



Seperti halnya warung pecel lainnya, pecel Pak Dipo ini terdiri atas nasi, sayuran yang disiram bumbu pecel rempeyek dan sepotong lauk. kadang saya mendapatkan tempe goreng kadang semacam perkedel. Porsinya cukup untuk ukuran sarapan perut saya yang doyan makan ini.

Rempeyeknya khas rempeyek untuk lauk makan di warung yaitu tipis dan renyah. Karena biasanya bila membeli rempeyek bungkusan yang dijual di tukang sayur lebih tebal meskipun sama-sama renyah. Rempeyek bungkus ini memang dibuat sedemikian rupa agar tidak mudah melempem dan tetap kokoh alias tidak hancur saat dipindah-pindah.

Kembali ke rempeyek yang ada di pecel Pak Dipo yang berisi kacang tolo atau saya biasa menyebutnya beras kacang. karena rempeyeknya tipis, maka akan mudah sekali melempem jika terkena siraman bumbu pecel. nah disitulah salah satu kenikmatan nasi pecel.

Bumbu pecelnya terasa sedap dan tidak pedas. Proporsi antara nasi dan sayurnya juga cukup dengan siraman bumbu yang melimpah. ditambah lagi beberapa potongan timun segar dan daun kemangi yang semakin menambah nikmat..

Anda bisa menambah lauk lain yang sudah tersedia, ada telor ceplok, ayam goreng, tempe goreng dan lele goreng. Kalau favorit saya sih pakai telor ceplok. kalau bisa yang kuning telurnya pecah dan matang. beda dengan pak Suami yang lebih menyukai kuning telur yang utuh.


Untuk minumnya saya lebih memilih teh hangat, walaupun ada jeruk hangat yang juga tersedia. satu porsi nasi pecel yang mengenayangkan dan nikmat ini hanya Rp 7000 saja. telor ceplok Rp 3000 dan satu gelas teh hangat hanya Rp 1000. murah meriah bukan? Kalau ke Kepanjen jangan lupa Mampir ya...

*harga sewaktu-waktu bisa berubah tergantung kebijakan pemilik.

You Might Also Like

0 komentar